Dapodikdasmen Ingatkan Agar Waspada Jika Ada Permintaan Data Sekolah

Deadline sinkronisasi data dapodik telah berakhir pada 31 Agustus 2016 kemarin, deadline tersebut berkaitan dengan penarikan data terkait KIP yang nantinya akan dijadikan dasar guna proses update data siswa yang diajukan untuk memperoleh bantuan Program Indonesia Pintar dari pemerintah.

Masih terkait data dapodik, pihak Dapodikdasmen memberikan peringatan agar waspada jika ada permintaan data sekolah khusunya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan unit kerja Kemdikbud. Memang telah diketahui bersama bahwa, data dapodik adalah data penting yang berkaitan dengan tunjangan guru, data penting siswa, data penting sekolah dan lainnya.


Berikut beberapa modus yang bisanya digunakan saat meminta data:
  1. Mengirimkan surat mengatasnamakan unit kerja di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dan meminta sekolah mengirimkan data pada alamat/email tertentu.
  2. Mengirimkan email dengan akun email yang dikesankan berasal dari unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dan meminta sekolah mengirimkan data pada alamat/email tertentu.
  3. Menelephon ke sekolah dan mengaku sebagai pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahkan sering juga mengaku sebagai Tim Dapodik.
  4. Datang langsung ke sekolah dengan mengaku sebagai petugas dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, sering juga mengaku sebagai Tim Dapodik.
  5. Memanfaatkan media social untuk menyebarkan informasi menyesatkan dan menggiring untuk mengakses suatu laman/portal tertentu yang dipersiapkan untuk menjebak pengguna dengan informasi-informasi palsu.
Himbauan selengkapnya bisa dibaca disini: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/waspada-terhadap-permintaan-data-sekolah

Dengan adanya himbauan tersebut kita dituntut untuk lebih waspada khususnya bagi pihak sekolah yang terlibat langsung dalam manajemen data dapodik sekolah seperti Operator Sekolah dan Kepala Sekolah. Jika terdapat masalah sebaiknya konsultasikan dengan pihak Operator Dinas Pendidikan kab/kota setempat sebelum meberikan data yang diiminta.

Semoga bermanfaat.

loading...
Dapodikdasmen Ingatkan Agar Waspada Jika Ada Permintaan Data Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar