Kata Mendikbud: Orang Berilmu Penting Tapi Orang Berakhlak Itu Lebih Penting

Berikut informasi tentang "Kata Mendikbud: Orang Berilmu Penting Tapi Orang Berakhlak Itu Lebih Penting" semoga bermanfaat bagi para pembaca setia AGENDA GURU khususnya Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia.

Berikut ulasannya:


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, gerakan perubahan pendidikan di Indonesia harus segera dilakukan guna mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju khususnya ASEAN.

Reformasi pendidikan dimaksudkan untuk membenahi mentalitas sekolah melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Sikap dan juga tata cara mengelola sekolah harus dibenahi kalau ingin maju bersama negara lain. Orang berilmu penting tapi orang berakhlak itu lebih penting,” kata Menteri Muhadjir saat kunjungan kerja ke Aceh, Minggu (15/1).

( Baca juga: Orang Ber-akhlak Lebih Mulia daripada Orang Berilmu namun Kurang Akhlak)

Kemendikbud menerapkan PPK pada tingkat pendidikan dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). PPK meliputi lingkungan kelas, sekolah dan masyarakat.

“Pendidikan dasar merupakan pondasi sebuah bangunan. Bila pondasinya kuat, atapnya dari bahan apa pun tidak akan mudah roboh,” ujarnya.

Ia menegaskan 70 persen pendidikan SD dan 60 persen di SMP bermuatan pendidikan karakter. Sedangkan sisanya adalah pengetahuan dan lifeskill dari jumlah kurikulum.

( Baca juga: Pentingnya Mempelajari Adab Sebelum Kita Mempelajari Ilmu)

Pada pendidikan tingkat menengah, Kemendikbud memprioritaskan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di empat bidang yaitu kemaritiman, ketahanan pangan, industri kreatif dan pariwisata.

Sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA), Kemendikbud menyiapkan peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Untuk membangun generasi yang siap pada abad 21, siswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis dan kreatif, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kolaborasi bukan kompetitif dan harus bisa membangun jaringan yang baik,” pungkasnya.

(esy/jpnn)

Sumber: pojoksatu

Sekian informasi tentang "Kata Mendikbud: Orang Berilmu Penting Tapi Orang Berakhlak Itu Lebih Penting", jangan lupa LIKE/FOLLOW media sosial kami lainnya untuk mendapatkan update informasi terbaru setiap saat.

loading...
Kata Mendikbud: Orang Berilmu Penting Tapi Orang Berakhlak Itu Lebih Penting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar