Mendikbud Himbau Agar Siswa Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi

Berikut informasi tentang "Mendikbud Himbau Agar Siswa Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi" semoga bermanfaat bagi para pembaca setia AGENDA GURU khususnya Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia.

Berikut ulasannya:


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengeluarkan surat edaran terkait pembentukan karakter siswa. Surat itu berisi imbauan seluruh siswa menyanyikan Indonesia Raya setiap pagi sebelum proses belajar mengajar dimulai.

"Ini kan bagus untuk membangun jiwa, karakter kepemimpinan siswa," kata Muhadjir saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (23/4/2017).

Muhadjir mengakui program ini bukan baru. Di era Mendikbud sebelumnya, Anies Baswedan, edaran ini sudah didengungkan.

"Ini enggak baru, zaman Pak Anies sudah ada. Saya hanya memperkuat saja," ungkap Muhadjir.

Tidak ada sanksi bagi mereka yang tidak menjalankan imbauan tersebut. "Sanksinya ditegur saja, tidak ada sanksi lain-lain," kata Mendikbud.

Tidak hanya menyanyikan Indonesia Raya, dalam surat tersebut juga diimbau setiap siswa menyanyikan lagu nasional atau kebangsaan setiap pulang sekolah.

"Ini kan bagus, dengan cara ini mereka belajar kepemimpinan. Bayangkan, satu hari ada dua calon pemimpin lahir di setiap kelas. Mereka memimpin teman-temannya untuk menyanyikan Indonesia Raya," kata Muhadjir.

Meski Muhadjir tidak meyakini penuh cara seperti ini dapat membangunkan karakter. "Tapi setidaknya ini usaha itu tumbuh," ujar Muhadjir.

Berikut surat edaran terkait pembangunan karakter yang dikeluarkan Mendikbud:

Yth. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota
di Seluruh Indonesia

Menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan sebagai implementasi dari nawacita yang dicanangkan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), kami mengharapkan bantuan Saudara untuk mendorong upaya penguatan pendidikan karakter pada seluruh jenis dan jenjang pendidikan antara lain mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dan Petunjuk Teknis Lainnya.

Selanjutnya untuk membangunkan/membangkitkan nasionalisme dan patriotisme, kami mengharapkan Saudara dapat menginstruksikan kepada seluruh satuan/lembaga pendidikan/sekolah baik di tingkat  PAUD/SD/SMP/SMA/SMK untuk:

1. Memasang Naskah Pancasila, Foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI di setiap ruang kelas, serta beberapa foto Pahlawan Nasional dalam bingkai/pigura yang baik dan rapi.

2. Menyiakan setiap kelas agar menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap pagi awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menyanyikan salah satu lagu kebangsaan/nasional sebelum pulang.

Demikian disampaikan Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Muhadjir Effendy

Baca juga: Mendikbud Juga Himbau Agar Sekolah Tempel Gambar Pahlawan Nasional

Sumber: liputan6

Sekian informasi tentang "Mendikbud Himbau Agar Siswa Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi", jangan lupa LIKE/FOLLOW media sosial kami lainnya untuk mendapatkan update informasi terbaru setiap saat.

loading...
Mendikbud Himbau Agar Siswa Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Pagi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar