Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (Raport Resmi)

Bagi rekan-rekan Guru yang ingin download aplikasi raport kurikulum 2013 kini telah disediakan oleh Ditjen SD Kemdikbud guna memperlancar kegiatan Bapak dan Ibu Guru dalam melaksanakan penilaian sesuai aturan yang ada pada kurikulum 2013. Sesuai dengan diterbitkannya Pemendikbud nomor 160 tahun 2014 oleh Kemdikbud, yang tetap menggunakan kurikulum 2013 hanyalah sekolah-sekolah percontohan dan pengembangan kurikulum 2013 yaitu yang telah 3 semester melaksanakan kurikulum 2013. Sedangkan bagi yang baru 1 semester saja pada semester 2 kembali ke kurikulum 2006.

Aplikasinya dapat di download di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id/

Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahuludengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan(ptk), rombel dan siswa.

Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013
File Size: 32.6 MB
License: (1). Aplikasi ini adalah aplikasi tidak berbayar untuk sekolah. (2). Tidak diperkenankan melakukan reverse engineering, perubahan kode sumber, pemaketan ulang, pada keseluruhan komponen aplikasi ini. 3. Tidak diperkenankan menyebar luaskan data data yang di simpan ataupun digunakan oleh aplikasi ini ke luar sekolah yang bersangkutan. 4. Penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia dan Internasional File Author: Direktorat Pembinaan SD Submitted On: 11 Dec 2014

Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut:

1. Referensi
Melalui menu ini, pengguna dapat mengolah data referensi yang akan digunakan pada menu lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.

2. Ekstrakurikuler
Melalui menu ini pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus jenis kegiatan ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler.

3. Pemetaan
Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.

4. Penilaian
Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap peserta didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada menu ini juga pengguna dapat mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik).

5. Rapor
Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak.

6. Tools
Pada menu ini pengguna dapat melakukan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, peserta didik, anggota rombel dan sebagainya.

7. Pengaturan
Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.

User dan password default dari aplikasi ini adalah nomor nuptk dari guru sekolah.
Setelah berhasil login, harap segera mengganti password sesuai buku panduan.
Sebelum bisa digunakan, aplikasi harus pertama kali di sinkronisasi dengan dapodik melalui menu Tools | Sinkronisasi , klik tombol sinkronisasi semua.

Sekian dan semoga informasi tentang Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (Raport Resmi) ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

loading...
Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (Raport Resmi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar