Pelajaran Bahasa Inggris Akan Menjadi Kurikulum Wajib di SD

Berikut informasi tentang "Pelajaran Bahasa Inggris Akan Menjadi Kurikulum Wajib di SD" semoga bermanfaat bagi para pembaca setia AGENDA GURU khususnya Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia.

Berikut ulasannya: 


Setelah berhasil memberangkatkan 40 guru SMP dan SMA sederajat ke Universitas Cambridge, Inggris beberapa waktu lalu. Pemkab Kukar kembali menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan salah satu kampus elit dunia dalam program peningkatan kualitas pendidikan dasar. Penandatanganan MoU dilakukan Selasa, 8 November 2016.

Program ini menyasar pengenalan bahasa inggris pada pelajar di Sekolah Dasar. Sebagai tahap awal, 39 SD se-Kecamatan Tenggarong menjadi percontohan (pilot project) pelaksanaan program ini. Ke-39 sekolah tersebut nantinya akan menerapkan kurikulum bahasa Inggris di dalam aktivitas studi mereka.

“Ini merupakan komitmen pemerintah Kukar untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM warga Kukar sejak di usia dini,” kata Wakil Bupati, Edi Damansyah usai menandatangani MoU dengan perwakilan University Cambridge Press di Pendopo Odah Etam.

Edi mengatakan,  rencananya program ini baru dimulai pada tahun depan.  Mekanisme program ini, nantinya setiap guru sekolah yang ditunjuk akan mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi dan kapasitas bahasa Inggris.

Mereka akan dibimbing secara intensif oleh 40 tutor yang sebelumnya telah diberangkatkan ke Inggris untuk menimba ilmu.  Menurutnya, upaya ini merupakan langkah lanjutan dari program pengiriman 40 guru ke University Cambridge.

“Pemkab Kukar dan Cambridge telah menjalin kerja sama untuk peningkatan kompetensi bahasa inggris sejak 3 tahun lalu. Para guru yang telah kami berangkatkan akan mentransformasikan ilmu yang telah mereka terima selama studi 45 hari di sana,” bebernya.

Lebih lanjut Edi mengatakan, sejauh ini pendidikan bahasa Inggris belum menjadi kurikulum wajib di tingkat dasar. Padahal pengenalan bahasa sejak usia dini sangat penting, sehingga setelah program ini berjalan pendidikan bahasa Inggris menjadi prioritas di SD. Nantinya,jadwal pelaksanaannya bakal disesuaikan dengan kurikulum sekolah, sehingga tidak menganggu program lainya yang berjalan, seperti Gerakan Etam Mengaji. (*)

Sumber: kliktenggarong

Sekian informasi tentang "Pelajaran Bahasa Inggris Akan Menjadi Kurikulum Wajib di SD", jangan lupa LIKE/FOLLOW media sosial kami lainnya untuk mendapatkan update informasi terbaru setiap saat.

loading...
Pelajaran Bahasa Inggris Akan Menjadi Kurikulum Wajib di SD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar