Kemdikbud Beri Penghargaan Bagi 34 Guru yang Dinilai Berprestasi dan Berdedikasi

loading...
Berikut ini informasi tentang 'Kemdikbud Beri Penghargaan Bagi 34 Guru yang Dinilai Berprestasi dan Berdedikasi', semoga bermanfaat dan selamat membaca.


Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan penghargaan kepada 34 guru yang dinilai berprestasi dan berdedikasi untuk tahun 2016.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Sumarna Surapranata, mengatakan, pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi dan perhatian kepada tenaga pendidik yang telah mencurahkan dedikasinya terhadap dunia pendidikan.

"Guru berperstasi diikuti 821 GTK dari seluruh Indonesia. Selanjutnya, telah terpillh 34 pemenang terbaik," kata Pranata di Hotel Grand Marcure, Jakarta, Kamis (18/8) Petang.

Ajang pemilihan guru berprestasi sendiri, lanjut dia, dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat satuan pendidikan, kabupaten atau kota, provinsi, sampai tingkat nasional. "Setelah dilakukan seleksi yang ketat, diperoleh 34 guru berprestasi yang terbagi dalam beberapa kategori," kata Pranata.

Untuk guru berdedikasi, pihak Kemdikbud menyiapkan sejumlah hadiah. Juara pertama mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 30 juta dan perangkat laptop. Untuk juara kedua, kata Pranata, mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 25 juta dan laptop. Pemenang ketiga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta dan laptop.

"Selain itu, seluruh peserta lomba mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh Mendikbud sebagai guru berprestasi dan berdedikasi," kata Pranata.

Mendikbud, Muhadjir Effendy, mengatakan, pihaknya menyoroti tiga hal yang harus dikawal dan dijalankan sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo. Soal pertama yaitu pemerataan pendidikan dengan segera menyelesaikan pendistribusian Kartu Indonesia Pintar(KIP).

"Pasalnya, hingga saat ini KIP masih ada yang belum sampai di rumah tangga sasaran(RTS). Karenanya, guru diminta proaktif mencari calon-calon penerima di desa masing-masing," kata Muhadjir, sambil menambhakan bahwa untuk vendor yang menangani pendistribusian, hal tersebut bukan urusannya karena terdapat pihak lain yang menangani.

Adapun dua hal lain yang menjadi proritas pemerintah, kata Muhadjir, pendidikan vokasi untuk mempersiapkan tenaga kerja siap bersiang didunia kerja dan pendidikan karakter. Pasalnya, lanjut dia, pendidikan karakter merupakan fondasi pokok. Maka untuk tingkat SD dan SMP bobotnya harus mencapai 70 persen.

"Saya percaya bahwa bapak dan ibu sekalian adalah insan profesional yang ahli di bidangnya dan mendedikasikan dari panggilan dari hati nurani. Karena memberikan pondasi yang kokoh bangunan apapun tidak akan roboh. Dia tidak akan terombang ambing. Mari kita perkokoh bagaimana kita bersama-sama menjamin pendidikan yang kokoh ini," kata Muhadjir.

Maria Fatima Bona/FER

Suara Pembaruan

Sumber: http://www.beritasatu.com/pendidikan/380593-34-guru-berprestasi-raih-penghargaan-kemdikbud.html

loading...
Kemdikbud Beri Penghargaan Bagi 34 Guru yang Dinilai Berprestasi dan Berdedikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar