Jadwal Pelaksanaan PLPG 2016 pada Bulan Agustus Mendatang

loading...
Siap-siap bagi seluruh calon peserta PLPG tahun 2016, pasalnya sebentarlagi bagi Guru yang lolos dalam verifikasi data calon peserta sergur tahun 2016 akan segera mengikuti proses PLPG di LPTK pelaksana yang ditunjuk.

Berikut informasinya :

Sebanyak 120.000 guru akan menjalani pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) pada Agustus mendatang agar bisa mengikuti program sertifikasi.


Seluruh biaya dalam program ini ditanggung pemerintah sehingga para guru tidak perlu mengeluarkan uang apa pun. Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, Agustus ini memang akan sudah mulai PLPG bagi guru yang belum disertifikasi. Sekitar 120.000 guru yang akan mengikuti PLPG di sejumlah lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) saat ini sedang diseleksi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek- Dikti).

”Jika mereka lulus akan disertifikasi dan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun,” katanya di Jakarta kemarin. Dia menjelaskan, total guru yang memenuhi syarat ikut PLPG itu sebanyak 555.467 orang. Pemerintah akan membiayai PLPG dalam kurun waktu empat tahun atau hingga 2019 nanti. Per tahunnya diperkirakan 120.000 guru yang akan mengikuti PLPG. Setelah mengikuti PLPG ini, para guru harus lulus ujian tulis nasional (UTN) dengan nilai minimal 80 (dari 100).

Jika dinyatakan tidak lulus UTN karena nilainya tidak mencapai 80, guru tersebut tidak bisa mengikuti PLPG untuk kedua kalinya karena PLPG hanya bisa diikuti satu kali. Namun ke depan guru tersebut tetap bisa mengikuti UTN kembali. Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rasyidi mengatakan, perguruan tinggi di bawah PGRI siap menjadi LPTK pelaksana PPG.
Perguruan tinggi PGRI sudah memiliki asrama yang menjadi salah satu syarat utama program sertifikasi guru. Selain asrama, dia juga menjamin ketentuan lain untuk pendidikan profesi guru yang disyaratkan Kemenristek- Dikti pun sudah dilengkapi. ”Kami harap perguruan tinggi PGRI dilirik layaknya LPTK lain. Beri kami ruang untuk berkontribusi dalam rangka mencerdaskan bangsa dan mengurangi pengangguran,” katanya di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perguruan Tinggi PGRI di Jakarta kemarin.

Sebagai asosiasi guru tertua mereka sudah mempunyai metode pelatihan guru yang dipengaruhi perkembangan zaman.

Sumber: http://www.koran-sindo.com/news.php?r=0&n=4&date=2016-06-07

Dengan adanya informasi tersebut, seyogyanya para guru calon peserta PLPG tahun 2016 sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti proses PLPG, baik persiapan materi dengan belajar maupun persiapan fisik dan mental sehingga pada saat memasuki waktu pelaksanaan PLPG bisa mengikut dengan baik dan lancar.

Sekian informasi tentang Jadwal Pelaksanaan PLPG 2016 pada Bulan Agustus Mendatang, semoga bermanfaat.

loading...
Jadwal Pelaksanaan PLPG 2016 pada Bulan Agustus Mendatang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agenda Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar